Tuesday, October 18, 2011

Gili Nanggo, Lombok...

Foto : Gili Nanggo, sept 2011

Tidak diragukan lagi bahwa Lombok adalah salah satu tempat kehidupan terumbu karang dan ikan-ikan yang terkenal di Indonesia. Sebut saja Gili Trawangan, pulau kecil itu dikelilingi pemandangan yang menakjubkan di dasar lautnya, tidak heran fasilitas menjadi lengkap di Pulau kecil itu karena promosi dilakukan besar-besaran untuk pulau tersebut. Di dekat Gili Trawangan terdapat dua pulau kecil yang ikut menjadi promosi pariwisata yaitu Gili Meno dan Gili Air.

Beberapa tahun terakhir 3 Gili tersebut sangat ramai dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia. Di tulisan ini, saya ingin menampilkan suatu pulau kecil yang belum terkenal yang keindahan alam lautnya masih murni dan suasananya sangat tenang. Pulau kecil ini terletak di barat daya Pulau Lombok, lebih ke selatan dari Pelabuhan Lembar. Dari Mataram bisa ditempuh dalam waktu 45 menit menggunakan mobil.

Foto : Welcome to Gili Nanggo, sept 2011

Gili Nanggo merupakan rentetan pulau kecil, ada beberapa Gili disana yang tidak diketahui namanya. Butuh 15 menit dari bibir pantai Pulau Lombok menuju ke Gili Nanggo, dan sepanjang perjalanan di perahu kita akan takjun oleh pemandangan bukit-bukit, pulau-pulau kecil, pantai pasir putih, dan perairan laut yang tenang.

Foto : Pasir putih dan air yang jernih di Gili Nanggo, sept 2011

Foto : Berenang di Gili Nanggo, sept 2011

Pasir putih di pantai Gili Nanggo seputih pantai di pulau yang tak bertuan, dari pantai itu kita bisa melihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil. Menakjubkan bukan, dengan menggunakan kacamata snorkeling saya telusuri perairan yang tak jauh dari pantai tersebut. Ikan-ikan seperti bersahabat dengan manusia, begitu Terumbu Karang yang indahnya lebih indah dibanding Gili Trawangan. Sambil snorkeling saya memberi makan ikan di dalam air dengan roti, ikan-ikan tersebut mendekati saya sampai saya bisa memegang ikan-ikan tersebut.

Foto : Penginapan di Gili Nanggo, sept 2011

Dan untuk pertama kalinya dalam seumur hidup saya, saya bisa bermain air dengan ikan sambil memegangnya di habitat mereka tempati. Oh… Betapa indahnya Negeri ini…

Keterangan :
Sewa Perahu PP (muat 8 – 10 orang) = Rp 250.000,-
Sewa Kacamata Snorkling & Kaki Katak = Rp 35.000,- / set
Penginapan di Gili Nanggo = Rp 400.000 – 600.000,- / Cottage (muat satu keluarga kecil)
Foto : Diambil dari Bedul, teman yg gila foto

2 comments:

Anonymous said...

Lombok keren juga yaa,.. smg bisa mampir suatu saat

Daydeh said...

wah... lombok mah keren abis nggiii...
stress hilang dah klo kesini

Melihat mereka (anak) pertama sekolah

Satu hal yang tidak terbayangkan, air mata tiba-tiba menetes ketika pertama kali mengantar anak sekolah. Raia, anak kedua yang kini berusia ...