Friday, October 5, 2012

Kesan Pertama... SMAkelas3 #1

Kelas 3 SMA lah…. atau di akhir-akhir saya mengenakan seragam sekolah, saya merasa hidup sedang diatas-atasnya, merasa sangat bahagia dan sangat beruntung. Ini gara-gara saya masuk kelas IPA I dimana IPA di sekolah saya cuma ada dua kelas, empat kelas lainnya adalah kelas IPS. Dan bukan main perhatian dan kasih sayang yang diberikan guru-guru kepada muridnya di kelas IPA, karena anak IPA di sekolah kami dianggap pintar-pintar dan penurut.

Namun sayang, minggu pertama kami di kelas IPA menjadi dingin dan merubah segala persepsi para guru terhadap anak IPA, mereka para guru langsung mendapat kesan tidak mengenakkan dari kelas IPA terutama di kelas IPA I, di kelas saya menghabiskan sisa-sisa masa berseragam sekolah.

Kesan itu terjadi saat pertemuan pertama kelas kami dengan guru bahasa Indonesia, kelas kami rebut dan berisik, sedangkan Pak Guru sedang ingin memulai pelajarannya. Tapi karena masih aja berisik kelas kami, si Pak Guru yang bernama Pak Yusuf itu yang sedang berdiri ditengah menghadap kami semua, beliau bertanya “sudah cukupkah ngobrolnya?”

Tiba-tiba semua menjadi hening dan diam, murid-murid saling memandang dan lalu menghadap ke depan. Saat itu terdengar salah satu kawan kami yang menjawab pertanyaan Pak Yususf, semua mendengar anak itu berkata “belum Pak….”. Gara-gara ini semua semakin hening.

Murid-murid sekelas langsung diam ketakutan, takut si Pak Yusuf akan marah meledak gara-gara ada yang menjawab “belum pak…”. Semua muridpun dan Pak Yusuf akhirnya mencari sumber suara itu, mencari suara dengan sangat tenang, dimulai dari pergerakan leher kepala yang memutar mencari sumber suara itu. Mata mereka saya perhatikan mengarah ke jendela, lama-lama mata mereka semua bergerak ke jendela dekat tempat saya duduk, semakin lama bergerak ke atas jendela saya. Saya menghadap jendela tapi tidak ada orang di luar. Mata mereka semua akhirnya turun ke bawah jendela dan akhirnya diketahuilah bahwa anak itu adalah si daydeh… ya…. si daydeh, yang sedang nulis cerita ini dengan jujur.

Guru itu kecewa, saya dipanggil dan tangannya melayang ke arah pipi saya tapi tiba-tiba tangan itu berhenti sebelum menyentuh kulit saya yang pucat pasi. Saya terus menunduk rasa tak berdosa, sambil bicara dalam hati “goblok banget sih gue… ngapain juga gw ngomong gitu…”. Tangan Pak Yusuf berhenti dan tidak jadi menggampar saya, saya langsung disuruh duduk dan kalau enggak salah Pak Yusuf menyudahi pelajaran yang belum dimulai, dan beliaupun pergi ke ruang kelas.

Gak ada yang berani nyalahin saya, gak ada yang berani ngomong sama saya dan gak ada yang berani nyuruh saya minta maaf ke Pak Yusuf sampai akhir kelas pada hari itu. Namun entah kenapa, pas pulang sekolah saya lari ke tempat parkir mencari Pak Yusuf, pas Pak Yusuf mau menyalakan gas motornya saya langsung minta maaf dan mencium tangannya….. Hahaha…. sayang yang melihat kejadian ini cuma teman semeja dengan saya, coba seluruh murid sekelas… pasti mereka pada tepuk tangan. Toh saat itu Malaikat aja pada tepuk tangan… hohooo lebay

Ya setidaknya saya sudah lega, saya enggak mau teman-teman sekelas terganggu dan dianggap jelek oleh guru-guru gara-gara saya…. itulah kesan pertama yang paling manis di kelas 3
……
Beberapa hari kemudian ketika saya sedang memakai kaos kaki setelah solat zuhur di musolah sekolah, munculah Zabroy yang merupakan tim gorong-gorong kelas 2 SMA. Zabroy baru mau solat, sambil membuka sepatunya si Zabroy langsung nanya ke saya “day…. elu hampir digampar Pak Yusuf ya…?”. Saya jawab “iyaa…. tau darimana?”.

Zabroy waktu kelas 2 duduk semeja dengan saya, pas kenaikan kelas 3 dia masuk ke kelas IPS, seharusnya kejadian saya dengan Pak Yusuf tidak diketahui oleh kelas lain. Trus si Zabroy langsung ketawa cekikikan… tawanya senang bukan kepalang trus berhenti dan bercerita “tadi pas kelas gw belajar Bahasa Indonesia, Pak Yusuf bilang anak IPA sekarang bandel dan gak sopan…. bla bla bla bla….(intinya ada satu orang anak IPA yang bangor)” eh si Zabroy ketawa-tawa lagi…. trus ngomong lagi “gw langsung pikirin siapa anak IPA I yang bangorrr, gw cari-cari trus gw langsung nyimpulin… siapa lagi kalo bukan si daydeh yang bangor…. hahahaa,…..” si Zabroy ketawa lagi…. dia lanjut ngomong “kata Pak Yusuf itu anak gak pantes masuk IPA…hahaha…”, eh si Zabroyy makin seneng aja…. dan dia terakhir bilang “yes,,,,, tebakan gw bener…”.

Ternyata kawan, Pak Yusuf tidak hanya cerita ke kelasnya Zabroy… tapi kesemua kelas yang dia ajarin, kelas 3, kelas 2 dan kelas 1, et busehhhh…. gak cuma di kelas, dia juga cerita ke seluruh guru sekolah kami.

Gara-gara kesan pertama inilah, sepanjang belajar mengajar sampai lulus sekolah, kelas kami terasa dingin dan guru-guru seperti pilih kasih dengan kelas sebelah kami yaitu kelas IPA 2 yang selalu dibangga-banggain, yang katanya kelas IPA 2 pintar-pintar, tidak seperti kelas kami. “maafin gue ya teman-teman sekelas….”.

No comments:

Melihat mereka (anak) pertama sekolah

Satu hal yang tidak terbayangkan, air mata tiba-tiba menetes ketika pertama kali mengantar anak sekolah. Raia, anak kedua yang kini berusia ...