Sunday, August 18, 2013

Mereka yang tidak pernah tahu kesulitan...

Laki-laki yang tidak pernah tahu susah…Wangi, keren, rapih, atau apapun itu agar terlihat wibawa, tidak akan pernah ada artinya bila tidak tanpa sebuah perjuangan. Negeri ini, negeri yang kaya akan sumberdaya alam terkadang menjadi lebay selebay lebaynya karena banyak sekali kepura-puraan. Banyak orang kaya ataupun anak kaya yang sanggup berinvestasi bisnis namun tidak ingin sama sekali turun membangunnya, hanya ingin hasilnya. Mereka tidak pernah tahu kesulitan di dalamnya….

Lebih banyak lagi anak-anak orang kaya yang terus menerus menggantungkan hidupnya ke orang tua dan mengandalkan warisan, lalu hanya ingin senang-senang tanpa ada usaha untuk kualitas hidupnya. Mereka terlihat keren karena apa yang dikenakannya memang keren, tapi tidak jelas apa yang dikenakannya milik siapa? Mereka tidak pernah tahu sebuah kesulitan.

Melihat hal-hal seperti ini membuat miris, miris karena kasihan kepadanya. Suatu saat mereka akan terbunuh dengan kemalasannya dan kepamerannya. Tapi hal ini tidak hanya untuk anak orang kaya, begitupula dengan orang biasa atau yang di bawah biasa termasuk juga saya. Bila mereka tidak pernah tahu kesulitan dan tidak pernah berjuang…. Ya kita lihat aja nanti seperti apa mereka… yang jelas, ketidakmampuan dalam upaya, fakir ilmu dan perjuangan kerja keras akan mengantarkan ke dalam kesulitan. Memang lebih baik sulit saat ini daripada nanti ketika tua dimana energy kita semakin berkurang. 

Yang jelas, lebay itu membahayakan...

No comments:

Melihat mereka (anak) pertama sekolah

Satu hal yang tidak terbayangkan, air mata tiba-tiba menetes ketika pertama kali mengantar anak sekolah. Raia, anak kedua yang kini berusia ...