Wednesday, December 12, 2007

Sahabat

foto saat sma, di scan, saya lagi kurus.
Hari ini tepat tengah malam, adalah suatu anugrah yang besar bagi hidup saya, ini adalah pelajaran yang terbesar dimana proses kehidupan sejak lahir sampai saat ini yang lagi-lagi masih diberi kesempatan untuk bergerak dan melangkah.

Melihat ke depan atau menatap masa depan adalah sebuah energi besar yang tak dapat dihalangi, namun kali ini adalah suatu hal yang terlihat berubah semenjak saya lahir sampai sebesar ini. Sekitar beberapa hari yang lalu saya berkumpul dengan teman-teman lama dari SMA yang dimulai dari perkenalan sesama murid di kelas, yang sering nge-bokil bareng dan berbuat sesuka hati. Begitulah masa-masa lalu yang menjadi kenangan, “kenangan” ada beberapa orang yang memang tidak suka dengan kata ini, karena kenangan tak dapat membawa kesuksesan di masa depan nanti, namun bagi saya justru kenanganlah yang membawa semangat terbesar dalam hidup apalagi jika ada teman nge-bokil bareng saat SMA yang menyemangati hidup, atau ketika saya dengar suaranya saja, entah kenapa seperti ada darah baru yang mengalir di tubuh.

Saat saya tidak bisa mengejar cita-cita atau ketika saya tidak mendapatkan sesuatu keinginan dan mimpi yang besar, jiwa ini seperti anjing yang telanjang sedang kelaparan, pada saat itulah hati dan pikiran saya mencapai puncak kejenuhan, apalagi ditambah melihat orang-orang yang memamerkan kesuksesannya. Huh… memang tak ada habisnya. Namun sekali lagi pada saat itu selain Yang Maha Kuasa yang memberikan ketenangan, teman-teman saya pun tanpa mereka sadari telah membuat saya tersadar bahwa hidup tidak harus mendapatkan apa yang saya inginkan.

Ini telah terbukti pada saat saya bertemu dengan beberapa teman lama saya di salah satu rumah teman saya tersebut. Mungkin, tidak semua orang bisa merasakannya seperti yang saya rasakan tapi ini adalah suatu syukur yang sangat besar saya terhadap Allah bahwa masih ada orang-orang yang bersahabat tanpa berfikir “apa untung saya bermain dengan orang itu!

foto di tempat duduk saya saat kelas 3 sma

daydeh masih ingat gak dulu elu duduk di pojok deket jendela, jadi pas kita lagi main kartu elu yang ngasi tau klo ada guru, biasanya elu bilang terus aja main, gurunya belum naik” kata Enno. Trus si Wetty bilang dan cerita saat kami duduk di kelas 3 SMA “iya..eh inget gak, pas kita2 yg cewek lagi main kartu, trus si sarli dateng nyamperin kita & dia bilang “ente-ente tuh gangguin orang yg lg belajar aja, kasian tuh yg lagi belajar” eh.. si husma bilang dengan gaya betawi “yeh…terserah gw, lo belajar2 aja” lucu ya” terus saya dan teman-teman lain tertawa geli, sekali lagi si Enno bilang lucu ya saat SMA, di tambah pas lagi contek-contekan.

Betapa berharganya saya bagi teman-teman saya saat SMA, si Arga salah satu teman dekat saya sering bilang saat saya lagi tidak semangat “day…klo orang sudah tau siapa sebenernya elu, orang itu susah lepas sama elu”….”elu tuh dulu hebat, gak kaya sekarang yg sering ngebandingin diri lo dengan orang lain”. Tapi memang terkadang saya merasa apa yang saya lakukan selama saya sekolah adalah suatu kesalahan besar dimana saya sangat jarang sekali belajar, sampai kemarin si Enno yang saat kelas 3 SMA duduk di depan saya, bilang “dulu lu day, di Tanya ma wali kelas saat disuruh cukur rambut tp belum dicukur jg, emang kamu ngapain aja kok belum dipotong rambutnya, elu bilang main bola dan tidur”. Trus saya diingatin lagi sama wetty saat saya hampir digampar oleh guru saat baru masuk kelas 3, dan diusir gak boleh ikut pelajaran biologi saat kelas 2. Bagus gak ada yang tau saat saya SMP, kalau tahu, bisa gawat dah.

Sudah lah…

Tapi persahabatan itu yang akhirnya memutuskan kami pergi ke Jogja ber-enam setelah lulus SMA, dan sampai saat ini sering teringat, bukan karena Jogjanya, tapi…saya juga tak tahu kenapa sering ingat teman-teman saya tersebut, ketika saya Tanya mereka, mereka juga bilang begitu. Ayoe bangkit….. semangat….

foto saat kemarin bertemu
(maaf sedikit kontraversial)


Sahabat ku… saat tempat ku berpijak tak lagi bersahabat, aku butuh suara mu… terserah suara apa yang kau keluarkan, walau suara itu ditemani air mata…

Sahabat ku… ketahuilah, jika kau merasa keberadaan ku dapat membersihkan luka mu, panggilah aku… karena keberadaan mu lebih membuatku senang dibanding keberadaan ku dengan orang-orang yang pandai bicara menyenangkan ku…
Ketahuilah bahwa kebodohan yang kita lakukan lebih berharga dari sekedar gelar sarjana yang belum tentu dapat membawa perubahan bagi orang lain…

Ketahuilah bahwa suara tangis kita lebih indah dari tawanya orang-orang yang sukses di dunia ini….


Rata tengah

Karena cinta, harta dan tahta tak ada yang abadi………

No comments:

Melihat mereka (anak) pertama sekolah

Satu hal yang tidak terbayangkan, air mata tiba-tiba menetes ketika pertama kali mengantar anak sekolah. Raia, anak kedua yang kini berusia ...